Minggu, 26 Agustus 2018

Kumpulan Doa Sehari-hari Sesuai Hadits Nabi, dengan Arab dan Terjemah



Doa Ketika Bangun Tidur 






‘Segala puji bagi Allah, yang membangunkan kami setelah ditidurkanNya dan kepadaNya kami dibangkitkan.’

(HR. Bukhari 11/113 dan Muslim 4/2083)


Rasulullah saw. bersabda: ‘Barangsiapa bangun tidur di waktu malam, lalu membaca:
[do’a (i)]
‘Tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagiNya. BagiNya kerajaan dan pujian. Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar, tiada daya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung’.
Kemudian berdoa:
[do‘a (ii)]
‘Wahai Tuhanku! Ampunilah dosaku’ Maka dia akan diampuni.
Al-Walid berkata: Atau Nabi bersabda (mengenai hadits ini ada keraguan dari perawi): “Apabila dia berdoa, akan dikabulkan. Apabila dia berdiri lalu berwudhu, kemudian melakukan shalat, maka shalatnya diterima.”
(HR. Bukhari 3/39 dan lainnya. Ibn Majah 2/335)


‘Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesehatan pada jasadku dan mengembalikan ruhku kepadaku, serta merestuiku untuk berdzikir kepadaNya.’
(HR. Tirmidzi 5/473, see Sahih Tirmidzi 3/144)




Sesungguhnya dalam penciptaan langit langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tdana-tdana bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata):"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali Imran:190-191)

(HR. Bukhari 8/235 dan Muslim 1/530)


Doa Memakai Pakaian 


‘Segala puji bagi Allah yang memberi pakaian ini kepadaku sebagai rezeki daripada-Nya tanpada daya dan kekuatan dariku.’
(HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Ibn Majah)

Doa Memakai Pakaian Baru



‘Ya Allah, Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepadaMu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan yang ia diciptakan karenanya.’
(HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Al-Baghawi)

Doa Bagi Orang yang Memakai Pakaian Baru


‘Kenakanlah sampai lusuh, semoga Allah Ta’ala memberikan gantinya kepadamu.’ (HR. Abu Dawud 4/41)


‘Berpakaianlah yang baru, hiduplah dengan terpuji, dan matilah dalam keadaan syahid.’
(HR. Ibn Majah 2/1178 dan Al-Baghawi 12/41)

Doa Ketika Melepas Pakaian 

‘Dengan nama Allah (aku melepaskan baju)’ (HR. Tirmidzi 2/505 dan lainnya)

Doa Masuk WC 




‘Dengan nama Allah. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari godaan syetan laki-laki dan perempuan.’
(HR. Al-Bukhari 1/45 dan Muslim 1/283. Tambahan kata dalam kurung diriwayatkan oleh Sa’id Ibn Mansur)


Doa Keluar WC


‘Aku minta ampun kepadaMu.’
(HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Ibn Majah)

Doa Ketika Memulai Wudhu


‘Dengan nama Allah.’
(HR. Abu Dawud, Ibn Majah, dan Ahmad)

Doa Setelah Selesai Wudhu

‘Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa dan tiada sekutu bagiNya. Aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusanNya.’ (HR. Muslim 1/209)


‘Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bersuci’
(HR. At-Tirmidzi 1/78)
‘Maha Suci Engkau ya Allah, aku memuji kepadaMu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau, aku minta ampun dan bertobat kepadaMu’ (HR. An-Nasa’i)

 Doa Ketika Keluar Dari Rumah


‘Dengan nama Allah aku bertawakkal kepadaNya dan tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah.’ (HR. Abu Dawud 4/325 dan At-Tirmidzi 5/490)



‘Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu jangan sampai aku sesat atau disesatkan, berbuat kesalahan atau disalahi, menganiaya atau dianiaya, dan bodoh atau dibodohi.’
(HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Ibn Majah dan An-Nasa’i)

Doa Apabila Masuk Rumah




‘Dengan nama Allah kami masuk, dengan nama Allah kami keluar, dan kepada Tuhan kami, kami bertawakkal’
(HR. Abu Dawud with a Sahih Isnad 4/325)

Doa Ketika Pergi Ke Masjid


‘Ya Allah, jadikanlah cahaya di hatiku, cahaya di lidahku, chaya di pendengaranku, cahaya di penglihatanku, cahaya dari belakangku, cahaya dari mukaku, cahaya dari atasku dan cahaya dari bawahku. Ya Allah, berilah aku cahaya’
(HR. Muslim 1/530 dan lafal hadits ini menurutnya, dan Al-Bukhari) 

Doa Ketika Masuk Masjid

‘Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Agung, pada wajahNya Yang Mulia dan kekuasaanNya yang Qodiim (tida ada permulaannya) dari setan yang terkutuk. Dengan nama Allah dan semoga shalawat dan salam tercurahkan kepada Rasulullah saw. Ya Allah bukalah pintu-pintu rahmatMu untukku.’ (HR. Abu Dawud)

Doa Ketika Keluar dari Masjid 



‘Dengan nama Allah, semoga shalawat dan salam terlimpahkan kepada Rasulullah. Ya Allah sesungguhnya aku minta kepadaMu dengan keutamaanMu. Ya Allah, peliharalah aku dari godaan setan yang terkutuk.’
(HR. Abu Dawud, Ibn As-Suni)


Demikian kumpulan doa doa untuk di panjatkan untuk aktifitas yang sering dilakukan sehari hari, dengan diiringi doa semoga aktifitas yang dilakukan sehari hari semoga aktifitas yang dilakan mendapat ridho dari Allah.

Sumber : doa doa diatas bersumber dari kitab yang berjudul kumpulan doa dalam Al-Quran dan Sunnah yang dikumpulan oleh Sa’id ‘Ali bin Wahf Al-Qahthoni dan di terjemahkan oleh H. Mahrus Ali , semoga beliau beliau mendapatkan pahala yang tidak pernah putus dari Allah. Amiin

Artikel Terkait

Kumpulan Doa Sehari-hari Sesuai Hadits Nabi, dengan Arab dan Terjemah
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email